Kerajaan Kediri

Posted by Unknown Senin, 03 Februari 2014 1 komentar

        Kerajaan Kediri

 

A.      Latar belakang

 

Kerajaan Kediri lahir dari pembagian kerajaan Mataram oleh raja Airlangga (1000-1049) yang kesulitan menunjuk penggantinya. Pemecahan ini di lakukan agar tidak terjadi perselisihan antara anak-anak selirnya. Tahta kerajaan akhirnya di berikan kepada kedua anak laki-lakinya, Jayengrana dan Jayawarsa, dan kerajaan di pecah menjadi dua, yaitu Jenggala dan Kediri.

 

B.      Politik

 

Politik kerajaan Kediri dapat di katakan jelas, terbukti dengan di temukannya silsilah raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Kediri. Di samping itu, di temukan prasasti-prasasti dari raja-raja yang pernah memerintah.

 

C.      Sosial

 

Kondisi social, kerajaan Kediri dapat di katakana cukup baik di karenakan kesejahteraan rakyat kerajaan Kediri meningkat, di lihat dari kondisi rumah rakyatnya yang baik serta orang-orang Kediri telah memakai kain sampai di bawah lutut.

 

D.      Ekonomi

 

Kondisi ekonomi, Kerajaan Kediri atas usaha perdagangan, peternakan dan pertanian di daerah India dan Asia Tenggara. Kerajaan Kediri juga merupakan sumber penghasilan pokok di daerah sekitarnya. Rakyat kerajaan Kediri kebanyakan menganut agama Hindu tapi juga ada yang menganut agama Buddha.

 

E.       Faktor penyebab runtuhnya kerajaan Kediri

 

-          Raja Kartajaya mengurangi hak-hak kaum Brahmana, sehingga kaum Brahmana banyak lari dan meminta bantuan ke Ken Arok ntuk melawan kerajaan Kediri.

-          Kekalahan raja Kertajaya melawan Ken Arok.


            Sumber : buku sejarah Indonesia kelas x

1 komentar:

Unknown mengatakan...

info nan menarik

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman